Sunday, November 23, 2008

My Name Is Everything

Pagi ini Eyang gue bertanya: Yah, kamu gak akan bisa ke Amerika dong mal?

Gue langsung nyambung, secara Eyang gue lagi baca Kompas Minggu (yang ada liputan Pesta Blogger'nya). Ooo tentang nama gue: Ibnu - Akmal... secara kan sejak insiden WTC 2001, nama-nama yang berbau Arab, katanya sih gak boleh masuk US.

Terakhir gue juga baca di detikhot.com (maklum, demi nyari script juga sih - plus cari-cari gosip terbaru hehehe, maklum boook secara kan jarang nonton tipi kita!), katanya Ridho Slank gak berhasil masuk Amerika seperti teman-teman Slank yang lain, mungkin karena faktor nama. Terus mbak Dian juga sempet ngebahas...

Emang kenapa sih dengan Nama? Setau gue juga di Amrik atau di Kanada (secara gue baru dikasih tau sama Eric - a new friend of mine yang stay di Canada), adalah hal yang jarang mereka lakukan, bahkan gak boleh untuk mencantumkan status, orientasi seksual, agama bahkan foto dalam CV. Eric malah ketawa begitu tau di Indonesia umumnya CV menggunakan foto. Terus ada apa dengan nama?

Gue paling hapal sama arti nama gue, dari kecil gue udah disuruh cari tau apa arti nama gue di Kamus Lengkap Bahasa Indonesia yang warna ijo setebel gaban... dan ku tau apa arti namaku: Pria Yang Sempurna hahaha, ya ya emang gue bukan pria yang sempurna - toh juga manusia pun gak ada yang sempurna bukan? hey... nama adalah doa dan harapan! Tapi urusan nama berbau Arab dilarang melakukan atau mendapatkan sesuatu, atau bahkan dicap buruk... gue gak setuju, kan kayak kata pepatah: "Don't Judge The Book By It's Cover".

Jadi kepikiran, kalo sebuah nama dicap sebagai nama yang "enggak banget"... apa kabar ya? Seperti stigma di Jakarta kalo nama Munaroh, Juju, Kardiyem, Siti? Gue rasa nama itu punya arti yang bagus sama halnya Deasy, Adam, Rendy, Hanny, Dita... lagian Siti Nurhaliza juga gak terlalu begimana-gimana kan? Trus nama lain seperti Sarinah pun juga dijadiin nama pertokoan dan nama jalan. Menurut gue nama Sarinah itu cantik, mungkin memang karena image'nya sebagai lokasi didaerah protokol, tapi coba kalo ketemu orang, kenalan... siapa namanya? Sarinah, eh? Hari gini masih bernama Sarinah???

Yah mudah-mudahan Obama sebagai presiden Amrik yang baru nantinya bisa ngubah hal ini, sesuai janjinya kan yang mau membawa perubahan. Masa sih, gara-gara mau ke Amrik aja gue mesti bikin selametan bubur merah-putih ganti nama "Setip"? Hahahaha!

No comments: