Wednesday, November 26, 2008

Respect to the Copyrights Please?

Pagi ini seperti biasa, gue nyalain YM selama siaran... lumayan kan buat menghilangkan rasa kesendirian gue pagi-pagi buta hehe tapi satu status yang cukup menarik perhatian adalah dari YM'nya Eci, dia bilang: Calling HAKI Lawyer !!
Ada apa gerangan Ci? Ternyata dia nyuruh gue buka blognya:
http://xoclate.com/
Disitu gue baca...

26 Nov 08
Eh, Loh, Ini kan foto gue??!
02:05 am Category »
Cerita

Yap, terjadi lagi ama gue. Semalem gue ke FX PLAZA INDONESIA, that building di pengkolan Sudirman yang mau ke Senayan itu, mau nonton KAHITNA ceritanya. Naik ke tempat acara gue liat ada iklan tentang acara Kahitna ini bertebaran di mana-mana, dan gue terpekik kaget waktu liat foto yang dipake untuk iklan tersebut. “Itu kan foto gue?!!”, sambil liat-liatan sama 2 temen gue yang juga yakin itu adalah foto gue.
Foto Kahitna yang ini gue ambil waktu mereka perform di PIM 2, years back then. Gue taro di
FLICKR dengan License “Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 2.0 Generic”, yaitu:

You are free:
to Share — to copy, distribute and transmit the work
Under the following conditions:
Attribution. You must attribute the work in the manner specified by the author or licensor (but not in any way that suggests that they endorse you or your use of the work).
Attribute this work:What does “Attribute this work” mean?The page you came from contained embedded licensing metadata, including how the creator wishes to be attributed for re-use. You can use the HTML here to cite the work. Doing so will also include metadata on your page so that others can find the original work as well.
Noncommercial. You may not use this work for commercial purposes.
No Derivative Works. You may not alter, transform, or build upon this work.
Jadi, cukup jelas kan apa yang disebutkan oleh license itu. Tapi tetep ya gak minta ijin dulu. mau diapain ya yang begini nih? Apa kayak yang
sebelumnya aja?

Eh jaaa oli baru ngeh kalo ternyata ini kali ke .. 1..2 3.. ke 4! hasil foto gue di gunakan tanpa seijin empunya.Yang pertama di muat oleh tabloid Nova bebrapa tahun lalu, tentang kampanye gelang merah, foto ini yang dipake. Yang kedua yang fotonya pasha, yang ketiga foto-foto Ungu di pake di Web resmi mereka *tapi sekarang udah nggak* dan ini yang ke empat.. *menanti kiriman payung cantik*

ini foto asli gue.










Hari giniiii masih aja jaman pembajakan HAKI!!! Ya iya sih, kalo pembajakan karya cipta berupa CD, VCD atau DVD sih udah umum banget... tapi sakit hati gak sih loe, kalo loe jalan di mall, tiba-tiba ada foto hasil karya loe yang dipublikasikan tanpa permisi??? Tanpa izin? Sama aja loe kaget tiba-tiba ngeliat foto loe dipake di sebuah account Friendster atau Facebook, dan dipake sama orang-orang yang gak bertanggung jawab. So Pleaseeee... Show Respect to the Copyrights guys dan kalo loe liat foto diatas, itu karya temen gue Eci yaaaa!
* Buat Eci, sabar bu... gue dukung loe 100 persen! Lagian kurang satu siiih fotonya, sebelah Mario kan mestinya ada gue wakakakakkkkkk!

3 comments:

xoclate said...

Thx nu untuk support nya!

Anonymous said...

waaah..harus hati-hati skrg ya.. foto lu jangan disebar kemana-mana bo, ntar tambah terkenal lho hihi

Ibnu Akmal said...

Hahahaha... bukannya hati-hati Nggi, tapi malah dengan senang hati gue sebar-sebarin... hehe maklum, kan "artis wannabe" wakakakkkkkk! Mau?